Apakah AIDS Itu?

AIDS (Acquired immuno deficiency syndrome) merupakan penyakit paling populer di dunia pada saat ini. Penyebarannya seperti wabah. Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1981 di Afrika, AIDS telah menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan kecepatan luar biasa. WHO atau organisasi kesehatan dunia memperkirakan pada tahun 2002 telah terdapat 84,458,000 orang penderita AIDS di seluruh dunia (sekitar 5,7% dari penduduk bumi). Sejumlah 42,663,000 penderita adalah laki-laki. Sisanya sebanyak 41,795,000 penderita adalah perempuan. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, penderitanya mencapai lebih dari 10 juta orang. Pada tahun tersebut meninggal sebanyak 2.777.000 orang penderita AIDS, atau sekitar 4,9% dari seluruh populasi penderita.

AIDS disebabkan oleh virus yang disebut human immunodeficiency virus (HIV). Virus tersebut menyerang T-cells, yang memproduksi antibodi. Akibatnya kekebalan tubuh seseorang akan terus menurun jika terserang HIV. Apabila ada infeksi penyakit tertentu, maka tubuh tidak akan mampu menahannya. Flu yang pada saat sehat tidak akan mematikan, berubah menjadi sangat mematikan jika telah terinfeksi HIV. Demikian juga bakteri-bakteri dalam tubuh yang tidak berbahaya saat sehat akan berubah menjadi sangat berbahaya setelah terinfeksi HIV.

HIV ditularkan melalui cairan tubuh obatan-obatan yang dipakai bersama dengan penderita. Termasuk dalam cairan tubuh adalah darah, semen, air susu, sari makanan dari ibu ke anak di dalam kandungan, dan lainnya. Jadi, semua orang bisa terinfeksi virus HIV. Tidak peduli bayi, remaja sampai orangtua. Akan tetapi memang benar, bahwa berganti-ganti pasangan akan sangat memperbesar resiko terserang AIDS.