Suplemen Peningkat Libido

Kesuburan Pria Menurun di Usia 40 Tahun

Usia 40 tahun adalah usia puncak bagi seorang pria. Termasuk dalam urusan seks. Seorang peneliti asal Prancis mengungkapkan bahwa kesuburan pria dan kehamilan wanita akan menurun drastis ketika mencapai umur 40 tahun.

Penelitian ini dilakukan terhadap 2.000 orang pasang yang secara rutin menjalani tes kesuburan. Dari tes yang dilakukan di dapatkan bahwa kehamilan akan gagal sebanyak 70% pada pasangan suami istri dimana sang pria telah berumur di atas 40 tahun.

Wanita-wanita yang ikut tes tersebut adalah wanita tidak subur. Mereka adalah wanita yang mengikuti program bayi tabung. Oleh karena itu maka usia calon ayah bagi bayi tersebut merupakan faktor penting bagi pasangan tersebut agar mencapai keberhasilan.

Hasil studi lain juga menyebutkan bahwa semakin tinggi usia pria maka semakin kecil pulalah kemampuannya menjadi Bapak. Hal ini disebabkan telah terjadinya perubahan pada struktur biologis dan karena adanya penurunan kemampuan seksual.

"Hasil penemuan penelitian kami untuk pertama kalinya memberikan bukti kuat faktor menurunnya kemungkinan seorang pria dapat menjadi ayah terkait erat dengan usia biologis pria," ujar peneliti tersebut.

Jika di hubungkan dengan program bayi tabung, maka tingkat keberhasilan program bayi tabung akan semakin kecil jika usia si calon ayah tinggi. Hal tersebut disebabkan dari mutu atau kualitas sperma yang dihasilkan tidak kuat. Pada wanita, kesuburan akan turun ketika usia mereka mencapai 35 tahun.