Gadis Lebih Mudah Terangsang

Tidak salah jika seorang ibu khawatir ketika melihat anak perempuannya menginjak masa pubertas. Lebih lagi bila dia teringat pesan ibunya bahwa menjaga anak gadis lebih sulit ketimbang mengawasi anak laki-laki. Terutama gadis itu mulai menginjak masa peralihan dari anak-anak ke dewasa.

Namun kekhawatiran itu tidak perlu ada apabila para orang tua bisa memahami masa pubertas yang sedang mereka alami, sebab hal itu dapat membantu para remaja untuk menghadapi masalahnya.

Bagaimana ciri-ciri fisik saat gadis memasuki masa puber? Pertama yang akan terlihat adalah payudara yang membesar dan putingnya mulai menonjol keluar. Bentuk tubuhnya pun tidak kaku lagi, tapi sudah mulai ada lekuknya pada pinggang dan pinggul. Tumbuh bulu di ketian dan sekitar kemaluan. Kulitnya berminyak dan mudah berjerawat. Seperti anak laki-laki masa puber, gadis juga banyak berkeringat dan badannya engeluarkan bau yang khas. Hormon estrogen dan progesteron mulai lebih banyak dan mengalami menstruasi. Indung telurnya mulai membesar. Dari vagina mulai keluar cairan putih bening agak kental.

Bagaimana perubahan emosinya? Nah, ini yang penting diketahui para orang tua. Si gadis menjadi lebih sensitif. Ingin diperhatikan. Mulai lebih banyak memperhatikan penampilan. Dan juga mulai timbul perhatian terhadap lawan jenis. Dan gadis relatif mudah terangsang secara seksual.