Testis Suami Tak Sama Besar

Saya baru sebulan menikah. Saat malam pertama, saya melihat ada yang aneh dengan suami. Ukuran testisnya tidak sama besar. Karena testis yang tidak sama besar itulah, buah zakar suami juga tidak sama. Yang kanan lebih besar dari yang kiri. Yang ingin saya tanyakan:Apakah testis dengan ukuran berbeda itu akan memengaruhi reproduksi?Apakah saya masih bisa hamil dengan keadaan suami yang demikian?Apa akibatnya jika seorang laki-laki hanya mempunyai satu testis? Solusinya?Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.Anti, Situbondo

Mencermati dan memahami anatomi organ reproduksi merupakan hal yang baik dilakukan pasangan suami istri.Lebih baik lagi jika disertai pengetahuan yang benar. Dasar pengetahuan salah akan memunculkan masalah yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Ukuran testis yang tidak sama besar antara testis kanan dan kiri bukan merupakan hal aneh. Namun, jika ukuran testis kanan dan kiri berbeda sangat nyata, patut dicurigai adanya tumor. Hal tersebut perlu diperiksa lebih lanjut.

Tentang letak ketinggian testis dalam kantong zakar yang tidak sama tinggi, keadaan tersebut umum terjadi. Yang baik secara reproduksi, testis terletak di kantong zakar agak ke bawah, tidak tinggi.

Testis normal jika ukuran volume tidak terlalu kecil (lebih dari 9ml), jumlahnya 2 biji, terletak di dalam kantong zakar. Kekenyalan testis dalam kondisi baik adalah tidak terlalu keras dan tidak lunak. Yaitu sekeras kekenyalan buah anggur segar. Testis yang memiliki kekenyalan baik mempresentasikan adanya saluran pabrik sperma (tubulus seminiferus) dalam jumlah yang cukup.

Untuk mengetahui testis memiliki kapasitas reproduksi yang baik, harus dilakukan uji laboratorium, analisis sperma.

Persiapan untuk analisis sperma adalah pantang berhubungan seks (abstinensia) antara 2 sampai 5 hari. Cara pengeluaran sperma bisa dilakukan dengan masturbasi ataupun sanggama terputus. Sperma ditampung dalam wadah yang terbuat dari gelas. Satu hal penting dalam penampungan sperma untuk bahan pemerikasaan, usahakan sperma tertampung lengkap tanpa ada yang tumpah. Dalam waktu sekitar 2 jam, analisis sperma lazimnya bisa selesai diperiksa dan diketahui hasilnya.

Tentang pria dengan jumlah testis hanya satu, belum tentu selalu ada masalah dengan kemampuan reproduksinya. Asal, testis yang satu di kantong zakar dalam kondisi prima. Masalah yang dikhawatirkan, justru testis yang tidak di dalam kantong zakar akan berisiko berubah menjadi kanker ganas. Khususnya testis yang berada di dalam rongga perut.

Beberapa keadaan gangguan testis yang bisa terjadi, antara lain, testis naik turun (kadang ada kadang tidak) disebut retractile testis, Testis yang tidak di kantong zakar karena salah jalan (ectopic testis), dan Testis yang tidak komplet 2 biji (incomplete descent).

Jika gangguan testis sepeti tersebut terjadi pada anak, sebaiknya umur sekitar 4 tahun sudah mendapat penanganan agar testis bisa berfungsi secara optimal sebagai organ penting yang menentukan kelelakian seseorang. (*)