Pakai Kontrasepsi, Ingin Haid Lancar

Saya ibu rumah tangga dengan satu putri, baru saja melahirkan.

Begini Dok. Belakangan, haid saya tidak lancar. Selama Juni lalu, saya mengalami dua kali datang bulan. Malah, Juli-Agustus, haid saya berlangsung nyaris satu bulan. Mungkin, bersihnya cuma satu minggu dan tidak ada keluhan sakit.

Saya menggunakan kontrasepsi suntik selama tiga bulan sekali. Namun, sejak 19 Agustus hingga sekarang, saya tidak menggunakan kontrasepsi. Sebab, suami sedang bekerja di luar kota. Saya harus bagaimana Dok? Bagaimana supaya datang bulan saya lancar kembali?

Davina, Surabaya

Ibu Davina, Apa yang Ibu rasakan adalah akibat penggunaan alat kontrasepsi berupa suntikan. Jenis suntikan itu hanya mengandung hormon progestin (sintetik progesteron).

Umumnya, efek samping yang sering dikeluhkan adalah perdarahan sedikit-sedikit, seperti yang Ibu keluhkan. Atau, tidak haid sama sekali. Jarang sekali akseptor KB dengan kontrasepsi injeksi setiap tiga bulan  mengalami pola menstruasi teratur.

Berbeda dengan injeksi KB yang sebulan sekali. Isinya ada dua, yaitu estrogen dan progestin. Kecendrungan mempunyai pola haid yang teratur lebih besar.

Jadi Ibu Davina tidak usah terlalu khawatir. Keluhan tersebut lumrah bagi peserta KB injeksi tiga bulan. Apalagi , jika Ibu menghentikannya, mesti ada fase ketidak teraturan haid. Sampai-sampai, hormon dalam tubuh sudah cukup mengatur siklus haidnya sendiri.

Jika Ibu masih ingin melanjutkan KB dan ingin haid yang teratur, pilihannya adalah pil KB kombinasi. Kalau malas minum obat sehari sekali, pilihannya ya suntik sebulan sekali. Tapi, yang kami sarankan adalah pil KB kombinasi. Hanya perlu kami sampaikan, jika ikut KB hormonal baik suntik maupun pil KB, harus menggunakan terus menerus. Baik tatkala suami sedang dinas ke luar kota atau saat ada di dalam kota, pil KB kombinasi atau suntikan KB harus tetap digunakan.(*).