Seksualitas

Menurut para antropolog, pada tahun 1000, manusia di bumi berjumlah sekitar 100.000.000 orang. Tahun 2010, sudah beranak-pinak menjadi 7.000.000.000 orang. Apa yang menyebabkannya? Seks, Seksualitas. Artikel-artikel di bawah ini akan mengupas seluk-beluk seksualitas secara menyeluruh.

  • Apa itu Seksualitas?

    Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata seksualitas? Anda mungkin berpikir tentang hubungan seks. Pikiran Anda tidaklah keliru. Namun seksualitas bukan hanya tentang hubungan seks.

  • Apa Saja Yang Termasuk Seksualitas?

    Inti pembicaraan mengenai seksualitas mencakup pembicaraan tentang kelamin, gender, identitas gender dan identitas seksual, orientasi seksual, erotisme, reproduksi, sampai kelekatan emosional. Berikut adalah sinopsis tema-tema tersebut. Dari sinopsisnya Anda akan lebih memahami apa saja yang tercakup dalam seksualitas.

  • Kapan Anda Disebut Pria Sejati atau Wanita Sejati?

    Anda akan disebut perempuan jika memiliki organ kelamin perempuan. Namun, Anda baru bisa disebut perempuan sejati hanya jika Anda merasa diri sebagai perempuan. Dan Anda pun harus hanya tertarik secara seksual terhadap laki-laki.

  • Orientasi Seksual

    Anda memiliki fantasi seksual dan merasakan hasrat seksual pada laki-laki atau pada perempuan, atau pada keduanya? Kepada siapapun Anda tertarik, Anda tidaklah sendirian. Umumnya orang adalah heteroseksual alias tertarik hanya kepada lawan jenis. Namun cukup banyak juga orang yang tertarik hanya pada sesama jenis. Bahkan ada juga yang tertarik pada laki-laki maupun perempuan sekaligus. Secara normal, terdapat 3 jenis orientasi seksual manusia, yakni heteroseksual, ambiseksual, dan homoseksual.

  • Apakah Erotisme dan Oto-erotisme Itu?

    Erotisme adalah kemampuan manusia untuk mengalami dan menyadari hasrat dan dorongan seksual, orgasme dan hal-hal lain yang menyenangkan dari seks. Aktivitas seksual, misalnya berhubungan seks, ditujukan untuk mencari erotisme. Orang menikah, berpacaran, pergi ke pelacuran dan semacamnya, didorong oleh erotisme. Anda tertarik dengan laki-laki atau dengan perempuan adalah karena adanya erotisme itu. Mereka, yang Anda sukai, menimbulkan erotisme bagi Anda.

  • Bagaimana Anatomi Seksual Laki-laki?

    Sistem reproduksi laki-laki terdiri dari sepasang testis (buah pelir), saluran vas deferens, kelenjar dan penis. Buah pelir atau testis adalah bagian menggantung di bawah penis sebagai tempat di mana sperma dan beberapa hormon seks diproduksi (hormon testoreon dan estrogen, androsterone, dan lainnya). Bukan tanpa alasan testis terletak menggantung diluar tubuh manusia. Tidak lain karena membuat testis lebih dingin. Jika di dalam tubuh, testis akan dalam kondisi lebih panas sehingga sperma yang dihasilkan akan rusak. Sperma berukuran antara 0,04 sampai 0,06 mm. Jadi, 1 mm3 mengandung sekitar 60 ribu sperma.

  • Bagaimana Anatomi Seksual Perempuan?

    Kasat mata, seseorang perempuan dilihat sebagai perempuan adalah ketika ia memiliki vagina dan payudara. Vagina merupakan bagian dari sistem reproduksi perempuan. Payudara meskipun ciri khas perempuan tapi tidak termasuk dalam bagian utama sistem reproduksi perempuan. Keberadaan payudara hanya diperlukan untuk menyusui anak setelah anak lahir. Sistem reproduksi perempuan terdiri atas sepasang ovarium, dua tuba fallopi, sebuah uterus, mulut rahim (serviks), vagina dan vulva (mulut vagina).

  • Apakah Hormon Seksual Itu?

    Hormon seksual adalah hormon yang mempengaruhi perilaku seksual manusia. Hormon seksual laki-laki adalah androgen yang dihasilkan kelenjar prostat. Sedangkan hormon seksual perempuan adalah estrogen dan progesteron yang dihasilkan kelenjar di ovarium. Baik laki-laki maupun perempuan menghasilkan androgen, estrogen maupun progesteron. Hanya konsentrasinya saja yang berbeda.

  • Apakah Selaput Dara Itu?

    Selaput dara atau hymen adalah jaringan tipis yang menutupi sebagian jalan masuk ke vagina. Umumnya perempuan memilikinya. Namun demikian ada juga yang tidak memilikinya sejak lahir. Selaput dara bermacam-macam bentuk dan ukurannya. Ada yang menutup penuh dan menyisakan lubang kecil untuk menstruasi dan ada yang berlubang-lubang. Ada yang tebal dan ada yang tipis. Ada yang kaku dan ada yang elastis.

  • Bagaimana Konsepsi Itu?

    Bagaimana proses penciptaan manusia itu terjadi? Mula-mula harus ada sel telur yang matang tiba di tuba fallopi, lalu ada sperma masuk menembus dinding sel telur. Perpaduan dua sel itu menyebabkan timbulnya mahluk baru yang disebut zigot. Calon manusia atau zigot itu membelah diri terus menerus dan berangsur-angsur membentuk bayi di dalam rahim ibu.

  • Seksualitas Pada Anak-anak

    Anak-anak telah mampu merasakan erotisme ketika bagian tubuh tertentu disentuh. Tidak jarang mereka sengaja memainkan bagian-bagian tubuh itu karena memang menimbulkan perasaan menyenangkan baginya. Mungkin Anda pernah melihat anak laki-laki yang suka memain-mainkan penisnya. Hal tersebut dilakukan sang anak karena adanya sensasi erotik yang dirasakan.

  • Seksualitas Pada Remaja

    Seseorang disebut telah remaja setelah tiba masa puber, yakni masa di mana organ-organ seksual pada remaja telah matang dan siap untuk melakukan fungsi reproduksi. Perempuan sudah siap untuk dibuahi, hamil dan melahirkan. Sedangkan laki-laki sudah siap membuahi. TAnda-tAnda khas masing-masing jenis kelamin mulai berkembang. Perempuan akan mengalami pembesaran payudara, munculnya rambut kemaluan, dan pelebaran panggul. Laki-laki akan mengalami pertumbuhan rambut kemaluan dan kumis, suaranya berubah, timbul jakun, dan adanya pelebaran bahu. Biasanya, tanda paling khas yang muncul untuk menandai pubertas adalah dimulainya menstruasi pada anak perempuan, dan dimulainya mimpi basah pada anak laki-laki.

  • Seksualitas dan Penuaan

    Berhentilah berharap kemampuan seksual Anda pada saat tua akan tetap sama seperti saat muda. Umumnya laki-laki mengalami puncak kemampuan seksual (untuk ereksi dan orgasme) pada umur belasan akhir sampai kira-kira umur 30-an. Setelah itu, secara bertahap dan terus menerus kemampuan seksualnya akan menurun. Menjelang umur 40-an, penurunannya kadang dramatis. Mendekati umur 50-an, biasanya kemampuan seksualnya menjadi separuh dari saat umur 20-an. Jika Anda berhubungan seks dan orgasme sebanyak 4 kali seminggu pada umur 20-an, maka pada umur 50-an Anda hanya akan mampu melakukannya 2 kali seminggu.

  • Apakah Masa Subur Itu?

    Anda pasti pernah mendengar istilah masa subur. Istilah tersebut digunakan untuk masa di mana perempuan mengalami ovulasi (kematangan sel telur) dan siap untuk dibuahi. Sedangkan laki-laki selalu mengalami subur. Jika pada masa subur melakukan hubungan seksual, maka kemungkinan hamil sangatlah besar. Oleh sebab itu, jika tidak ingin terjadi kehamilan maka harus menghindari hubungan seksual saat masa subur. Kalaupun ingin melakukannya, lakukanlah dengan menggunakan alat kontrasepsi.

  • Apakah Yang Dimaksud Aktivitas Seksual?

    Aktivitas seksual adalah perilaku yang mengekspresikan seksualitas seseorang di mana erotisme hadir di sana. Jika tidak ada erotisme, bukan aktivitas seksual namanya. Aktivitas seksual ditandai dengan perilaku untuk mencari erotisme. Jadi, jika Anda pergi ke pelacuran, maka itu adalah aktivitas seksual karena Anda mencari erotisme. Jika Anda apel malam minggu mengunjungi pacar, maka itu adalah aktivitas seksual karena Anda mencari erotisme dalam kunjungan itu. Pun jika Anda mengintip orang mandi atau menonton video porno untuk mencari sensasi erotik, maka itu termasuk aktivitas seksual.

  • Apakah Hubungan Seksual Itu?

    Umumnya orang menganggap bahwa pembicaraan mengenai seksualitas manusia adalah tentang hubungan seks manusia. Lain tidak. Hubungan seks boleh dikatakan memang perkara yang paling menegaskan adanya seksualitas manusia. Apalagi lewat hubungan seks, seorang manusia baru bisa dilahirkan. Namun hubungan seks bukan hanya reproduksi, tapi juga untuk kesenangan.

  • Apakah Orgasme Itu?

    Anda pernah orgasme? Sayang sekali kalau belum. Orgasmelah yang dicari dalam hubungan seksual. Boleh dibilang, orgasme adalah puncak pencarian erotisme. Hampir semua tindakan erotis diarahkan semata-mata untuk mencapai orgasme. Sebagian orang malah menyebutnya sebagai surga di bumi. Jadi, kalau belum pernah orgasme, berusahalah mencapainya.

  • Aprodisiak vs Anaprodisiak

    Aprodisiak adalah sesuatu yang bisa meningkatkan hasrat dan kemampuan seksual, serta meningkatkan kualitas kehidupan seksual seseorang secara umum. Lawan katanya adalah an-aprodisiak, yakni sesuatu yang menurunkan gairah seksual dan fungsi-fungsi seksual. Aprodisiak terdiri dari dua macam hal. Pertama, aprodisiak sebagai sesuatu yang dianggap memiliki hubungan langsung dengan kimiawi tubuh. Termasuk dalam golongan ini adalah materi yang dicerna tubuh (makanan, obat-obatan tertentu, cairan tertentu, dan lainnya), dimasukkan atau dihirup ke dalam tubuh (narkoba, parfum, obat, dan lainnya) dan yang dioleskan pada tubuh (minyak tertentu, lotion, dan lainnya).

  • Apakah Kesehatan Seksual Itu?

    Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah kesehatan seksual? Mungkin Anda memikirkan tentang terbebasnya seseorang dari penyakit-penyakit seksual. Anda benar. Namun, bebas dari penyakit seksual hanyalah salah satu aspek dari kesehatan seksual. Secara umum, kesehatan seksual didefinisikan sebagai keadaan sejahtera fisik, psikologis, dan sosial yang terkait dengan seksualitas dan terjadi secara terus menerus. Jadi, kesehatan seksual mencakup banyak hal.

  • Ragam Jenis Persoalan Kesehatan Seksual

    Apa saja persoalan kesehatan seksual? Segala sesuatu yang menyebabkan kesehatan seksual tidak dapat dicapai adalah persoalan kesehatan seksual. Rentangnya dari sindrom klinis yang terkait dengan fungsi seksual, cinta atau kelekatan emosi, perilaku seksual kompulsif, reproduksi, identitas gender, kekerasan dan penipuan, infeksi seksual menular, dan lainnya. Masing-masing memiliki varian turunannya sendiri.

  • Penyakit Seksual

    Penyakit seksual adalah penyakit-penyakit yang timbul akibat dari kegiatan seksual, menyerang organ-organ seksual serta ditularkan melalui hubungan seksual. Jadi, penyakit seksual bisa menular dan bisa juga tidak. Umumnya penyakit seksual yang paling dikenal adalah penyakit seksual menular, seperti AIDS, sipilys atau gonore.

  • Apakah AIDS Itu?

    AIDS (Acquired immuno deficiency syndrome) merupakan penyakit paling populer di dunia pada saat ini. Penyebarannya seperti wabah. Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1981 di Afrika, AIDS telah menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan kecepatan luar biasa. WHO atau organisasi kesehatan dunia memperkirakan pada tahun 2002 telah terdapat 84,458,000 orang penderita AIDS di seluruh dunia (sekitar 5,7% dari penduduk bumi). Sejumlah 42,663,000 penderita adalah laki-laki. Sisanya sebanyak 41,795,000 penderita adalah perempuan. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, penderitanya mencapai lebih dari 10 juta orang. Pada tahun tersebut meninggal sebanyak 2.777.000 orang penderita AIDS, atau sekitar 4,9% dari seluruh populasi penderita.

  • Gangguan Seksual

    Gangguan seksual adalah gangguan yang dialami seseorang sehingga tidak dapat memperoleh kepuasan seksual. Berdasarkan gangguan yang terjadi, gangguan seksual dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok berbeda, yakni kesulitan mencapai orgasme, hambatan dorongan seksual, dan hambatan melakukan hubungan seksual.

  • Kelainan dan Penyimpangan Seksual

    Kelainan seksual adalah perilaku seksual manusia yang tidak normal. Termasuk dalam kelainan seksual, adalah abnormalitas dalam hal hubungan seksual, abnormalitas dalam hal dorongan seksual dan kelainan identitas seksual.

  • Kekerasan Seksual

    Kekerasan seksual adalah kekerasan yang terjadi karena persoalan seksualitas. Ibarat awan dan hujan, demikianlah hubungan antar seks dan kekerasan. Di mana terdapat seks maka kekerasan hampir selalu dilahirkan. Termasuk dalam kekerasan seksual adalah perkosaan, pelecehan seksual (penghinaan dan perendahan terhadap lawan jenis), penjualan anak perempuan untuk prostitusi, dan kekerasan oleh pasangan.

  • Apakah Gender Itu?

    Pada bab pertama telah dibahas singkat tentang gender, yakni suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksi secara sosial maupun kultural, bukan karena perbedaan biologis. Termasuk dalam persoalan gender adalah pembagian peran antara laki-laki dan perempuan (di luar peran biologis yakni hamil dan menyusui pada perempuan serta membuahi pada laki-laki), serta kepribadian.

  • Apakah Maskulin dan Feminin Itu?

    Anda tentu sering mendengar kata maskulin dan feminin. Kedua istilah itu sangat dekat dilekatkan dengan seksualitas. Maskulin dianggap khas laki-laki dan feminin dianggap khas perempuan. Secara umum, maskulin diartikan sebagai sesuatu yang memiliki sifat-sifat kejantanan, baik berupa kepribadian, perilaku, pekerjaan, benda atau lainnya. Misalnya agresif, dominan, ambisius, tanpa emosi, balap motor, naik motor besar, senjata api, tinju, bina raga, buruh bangunan, sopir truk, adalah hal-hal yang dianggap maskulin. Sebaliknya, feminin diartikan sebagai sesuatu yang memiliki sifat-sifat keperempuanan. Misalnya lembut, perasa, mudah menangis, boneka, pegawai perpustakaan, sekretaris, aerobik, perawatan wajah, adalah hal-hal yang dinilai feminin.

  • Seks, Pernikahan dan Perselingkuhan

    Semua masyarakat mengenal adanya pernikahan, yakni ikatan antara laki-laki dan perempuan dewasa di mana hubungan seksual legal dilakukan. Bahkan dalam banyak masyarakat, hanya hubungan seks dalam pernikahanlah yang diakui. Hubungan seks diluar nikah dikecam sebagai dosa. Tidak jarang pelakunya diusir, dihinakan sampai dihukum mati. Pada beberapa masyarakat yang lain, pernikahan hanyalah salah satu bentuk ikatan antar pasangan seksual (bisa pasangan heteroseksual atau pasangan homoseksual). Hubungan seks diluar nikah tidak menimbulkan kegaduhan dan dimaklumi bersama. Beda pernikahan dengan pacaran dan kumpul kebo hanyalah dari sisi legal. Hanya pernikahanlah yang dilindungi secara legal oleh hukum.

  • Komersialisasi Seks : Pelacuran dan Pornografi

    Segala sesuatu yang menjadikan seksualitas manusia menjadi komoditas ekonomi diistilahkan sebagai komersialisasi seksual. Muaranya ada dua, yakni pelacuran dan pornografi. Pelacuran adalah melakukan aktivitas seksual untuk mendapatkan imbalan. Jika Anda mendapatkan pelayanan seksual dari pelacur, maka Anda mesti membayar atas pelayanan yang Anda dapatkan. Perputaran uang dalam bisnis seks di Indonesia diperkirakan menyerap tidak kurang dari 3 miliar dolar atau kira-kira 2,7 triliun rupiah.

  • Kontrasepsi dan Aborsi

    “Kontrasepsi paling aman, ya jangan berhubungan..” demikian sepenggal lirik lagu salah satu grup musik Indonesia yang cukup populer. Lirik itu benar adanya. Tidak berhubungan seksual adalah cara paling ampuh untuk menghindari terjadinya kehamilan. Tingkat keberhasilannya 100%.

  • Masa Depan Seks : Reproduksi Buatan

    Perkembangan teknologi reproduksi buatan akan membuat seks semakin berkembang terpisah dari persoalan reproduksi. Hubungan seks yang dilakukan akan tidak lagi berkaitan dengan fungsi reproduksi. Hal itu semata-mata dilakukan untuk rekreasi atau kesenangan. Reproduksi akan menjadi sesuatu yang berbeda. Saat ini beberapa teknologi yang terkait dengan reproduksi sedang dikembangkan secara intensif. Beberapa teknologi itu adalah :

  • Budaya, moral dan seksualitas

    Budaya memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap seksualitas. Hampir semua aspek seksualitas dipengaruhi budaya. Pengaruhnya dimulai dari cara mendidik anak dalam membangun identitas seksual dan gender, pembentukan orientasi seksual, dan pembagian peran gender.

  • Manfaat dahsyat ML alias Bercinta

    Siapa bilang ML hanya manjanjikan sisi fun untuk hidup Anda. Nyatanya ML menunjukan manfaat dalam berbagai 
    sisi kehidupan dan tak hanya untuk keharmonisan dengan pasangan. Tak percaya? Simak 6 fakta di bawah ini.

  • Inilah Manfaat Sex Bagi Bagi Diri Kita

    Banyak bukti menunjukan hubungan seksual memiliki pengaruh positif bagi seseorang, baik jiwa dan raga. Apalagi jika kehidupan seksual berjalan dengan baik dan aktif.

  • Kenikmatan Seks

    Kenikmatan seks adalah salah satu anugerah terindah yg diberikan kepada kita oleh Nya. Mungkin ada yg berpendapat bahwa sesungguhnya banyak sekali kenikmatan selain itu. Namun coba sekali-kali kita pikirkan kenikmatan apa yg PALING NIKMAT didunia yg bisa kita rasakan? Menurut saya yg senikmat-nikmatnya nikmat adalah "Kenikmatan Seks"...

  • Seks itu Nikmat dan Sehat

    Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas seksual yang dilakukan secara teratur, bersih, dan sehat, memberikan banyak manfaat. Khasiatnya, dari mengobati sakit kepala hingga mengurangi risiko terkena kanker payudara! Khasiat lainnya? Lebih menjanjikan lagi!

  • Mitos Seks, Kok, Dianggap Benar

    Hubungan seks dengan anak muda bikin awet muda? Sering berhubungan seks bikin awet muda? Menelan dan mengoleskan sperma ke wajah bikin awet muda? Itu semua cuma mitos yang membuat banyak orang tersesat, meski tetap diyakini dan disebarluaskan.

  • 10 Alasan Mengapa Sex itu Sehat

    Joy Davidson seorang seksolog asal New York yang dikutip detikhot dari CBS, Rabu (25/6/2008) mengungkapkan bahwa seks memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan. Di bawah ini akan dijelaskan 10 manfaat dari berhubungan seks.

  • Wajib Diketahui Pria, Perlu Bagi Wanita

    Dibanding wanita mayoritas pria cenderung tidak terlalu peduli dengan tubuhnya. Sering kali berbuat sembarangan. Disadari atau tidak, tindakan yang sering dilakoni itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan seksualnya.

  • Marilah ”Belajar” Menikmati Seks

    Tidak sedikit masalah rumahtangga yang kerap menimpa suami istri berpangkal dari persoalan di tempat tidur, lho!

    "Inti permasalahannya, kebanyakan orang Indonesia masih sulit mengungkapkan masalah di tempat tidur atau seks karena masih dianggap tabu," tutur Zahrasari Lukita Dewi, Psi., MSi., pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya, Jakarta.

  • 7 Fakta Sex yang Belum Anda Ketahui

    Percayakah Anda kalau kualitas hubungan dengan pasangan juga ditentukan oleh wawasan Anda tentang seks? Nah… supaya pengetahuan Anda terus bertambah, inilah tujuh fakta tentang seks yang mungkin saja belum pernah Anda dengar sebelumnya.

  • Seks Itu Menyenangkan

    Ingin kehidupan keluarga harmonis? Maka kepada para istri juga bapak-bapak, jangan malu bicara soal seks. Ini masalah penting. Menurut dr Nina Martini Somad SpOG, hanya sedikit wanita yang mau mencari solusi tentang kehidupan seksualnya yang bermasalah.

  • Seksnya Gampang, Tanggung Jawabnya?

    Seks, itu mudah dilakukan. Benarkah? Tidak juga. Sebab banyak hubungan seks yang tidak diharapkan. Juga kehamilan yang diharamkan. Karena itu hati-hatilah tentang hal ini.

  • Mitos Seks

    Banyak mitos dapat menghambat kenikmatan seksual. Dengan memahami mitos tersebut, Anda akan belajar menggali seksualitas Anda sendiri dan pasangan. Anda juga dapat belajar bagaimana menjadi kekasih yang baik.

  • Mitos Ukuran Penis

    Penis, dari dahulu sudah menjadi problema utama kaum pria. Penis kadang menjadi lambang keperkasaan, tetapi kadang juga menjadi sumber kurang percaya diri.

  • Temuan Baru Tentang Gairah Seksualitas

    Para ahli sepakat menempatkan gairah seks di urutan ketiga dalam kebutuhan dasar manusia. Tempat teratas tentu saja ditempati oleh naluri dasar hewani untuk bertahan hidup dan memuaskan rasa lapar.

  • Mitos Malam Pertama

    Malam pertama bagi pasangan suami istri adalah malam yang mendebarkan. Apalagi jika pernikahan melalui perjodohan dan tidak melalui tahap berpacaran. Beberapa pasangan muda mengaku canggung dan malu di malam pertama mereka.

  • Ketagihan Seks

    Kami tahu anda mungkin berpikir "Jelas, ketagihan seks malah sesuatu yang asyik." Tetapi, dalam kenyataan, ketagihan dalam soal yang satu ini bisa berakibat buruk.

  • Mitos-mitos Seks

    Banyak mitos dapat menghambat kenikmatan seksual. Dengan memahami mitos tersebut, Anda akan belajar menggali seksualitas Anda sendiri dan pasangan. Anda juga dapat belajar bagaimana menjadi kekasih yang baik.

  • Seks Surga Dunia

    Hubungan seksual bersama istri dapat nikmati hampir setiap hari, bahkan pada saat istri sedang menstruasi pun hubungan seks tetap berlangsung. "Tanpa si suami mengenakan kondom". Apakah hubungan tersebut berbahaya atau kemungkinan istrinya akan hamil?

  • Seksualitas Dalam Pandangan Fengshui

    Gairah seks yang panas membara, orgasme dan kepuasan yang tercapai, dalam bentuk berhubungan seks yang dapat dikembangkan akan banyak dipengaruhi oleh situasi serta kondisi lingkungan tempat di mana pasangan tersebut melakukan hubungan seks dan posisi tertentu.