Seksualitas dan Penuaan

Berhentilah berharap kemampuan seksual Anda pada saat tua akan tetap sama seperti saat muda. Umumnya laki-laki mengalami puncak kemampuan seksual (untuk ereksi dan orgasme) pada umur belasan akhir sampai kira-kira umur 30-an. Setelah itu, secara bertahap dan terus menerus kemampuan seksualnya akan menurun. Menjelang umur 40-an, penurunannya kadang dramatis. Mendekati umur 50-an, biasanya kemampuan seksualnya menjadi separuh dari saat umur 20-an. Jika Anda berhubungan seks dan orgasme sebanyak 4 kali seminggu pada umur 20-an, maka pada umur 50-an Anda hanya akan mampu melakukannya 2 kali seminggu.

Setelah Anda melewati umur 50-an, lebih banyak waktu yang diperlukan untuk bisa ereksi dan orgasme. Ejakulasinya pun menjadi kurang bertenaga. Meskipun demikian, perasaan nikmatnya tetap tidak menurun. Pada umur 70-an aktivitas seksual biasanya berkurang drastis. Namun demikian, meskipun juga jumlah spermanya menurun, mereka masih tetap bisa menikmati kenikmatan orgasme dan membuahi.

Kaum perempuan memiliki seksualitas yang sedikit berbeda dengan laki-laki. Pada umur 40an atau 50an, perempuan mengalami menopause atau berhentinya siklus menstruasi. Pada beberapa orang, itu adalah tanda berakhirnya hubungan seksual. Tidak ada hubungan seksual lagi sesudahnya. Namun bagi sebagian besar yang lain justru merupakan awal bagi kehidupan seksual yang lebih hangat karena tidak lagi dikhawatirkan dengan munculnya kehamilan.

Banyak orang mengira bahwa menopause akan menyebabkan ketertarikan dan kenikmatan seksual jauh berkurang atau bahkan tidak ada. Faktanya adalah sebaliknya. Menopause diketahui tidak mempengaruhi kenikmatan seksual dan juga ketertarikan seksual. Setelah menopause, seorang perempuan tetap tertarik pada seks dan tetap bisa menikmati seks. Namun tentu saja akan terjadi penurunan kemampuan seksual seiring penuaan tubuh. Dinding vagina menjadi lebih tipis dan kurang elastis. Sebagaimana laki-laki, pada umur 50-an, diperlukan waktu lebih lama untuk bisa orgasme.

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun seks pada usia diatas 50-an tidak sesering saat muda dan juga kurang intensif, namun hubungan seks justru bisa lebih lembut, lebih memuaskan dan lebih bebas. Oleh sebab itu, jangan berhenti melakukan hubungan seksual hanya karena merasa sudah tua.