Seksnya Gampang, Tanggung Jawabnya?

Seks, itu mudah dilakukan. Benarkah? Tidak juga. Sebab banyak hubungan seks yang tidak diharapkan. Juga kehamilan yang diharamkan. Karena itu hati-hatilah tentang hal ini.
Kehamilan pada usia remaja, misalnya, akan menyulitkan dan bahkan berbahaya, karena biasanya remaja belum siap secara fisik, sosial maupun mental.

Meski secara fisik organ reproduksi remaja usia 18 tahun sudah siap untuk bereproduksi, tapi secara psikologis dan sosial remaja belum siap menerima tanggung jawab sebagai orang tua bagi anaknya atau sebagai pasangan suami sitri.

Hubungan seksual yang tidak bertanggung jawab adalah bila hubungan seks yang dapat mengakibatkan kehamilan yang tidak diharapkan. Juga menyebabkan penyakit dan infeksi menular seksual ( IMS ) atau HIV/AIDS yang dapat membawa kematian bagi diri sendiri dan orang lain.

Hubungan seks yang bertanggung jawab adalah hubungan seks yang dilakukan setelah seseorang dianggap dewasa, baik dalam hal usia, fisik dan mental, serta terikat dalam ikatan perkawinan yang sah. Juga aman dan tidak mengancam kesehatandiri sendiri maupun orang lain.