SAKIT KENCING NANAH (GONORHOE)

Penyakit ini disebabkan oleh kuman diplococcus, yang berbentuk bulat mirip dengan biji kopi, dan hidupnya berpasangan. Kencing nanah kadang disebut penyakit Raja Singa. Pada penderita laki-laki terdapat radang dari saluran air seni yang mengeluarkan lendir bernanah, sehingga menetes terus-menerus dari lobang kencingnya. Apabila kencing, maka kencingnya terasa panas sekali, maka kebanyakan penderita membatasi minumnya dengan harapan agar tidak sering-sering kencing.

Tiap kali sehabis kencing, maka penderita harus mencuci tangannya hingga bersih. Sebab kuman yang melekat pada tangannya itu sangatlah berbahaya sekali jika sampai masuk di mata.

Penyakit gonorhoe dapat menjalar terus sampai buah zakar sehingga membuat kemandulan pada laki-laki.

Pada wanita kuman-kuman tersebut meradang di seluruh selaput lendir dari kemaluan sehingga menyebabkan keluarnya lendir bernanah dari lubang kemaluannya yang biasa disebut darah putih atau piktay.

Karena pertambahan kuman-kuman lain yang masuk dari luar, maka darah putih ini sering berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit sekitar vaginanya.

Pada wanita, saluran air seni letaknya terpisah dari lubang kemaluannya, pada permulaan sakit gonorhoe kencingnya tidak terasa panas atau nyeri, tapi lama-kelamaan kumannya menjalar ke saluran air kencing hingga kemudian kencingnya juga terasa panas dan sakit.

Jika andapun kebetulan mengalami sakit yang demikian, maka caranya turutlah resep kami dibawah ini:

1. Serbuk dari kayu cendana 1 sendok teh.
2. 20 butir buah kemukus.
3. 20 helai daun kumis kucing (remujung)

Setelah semua bahan anda dapatkan, maka tumbuklah semua, lalu rebuslah dengan air 1 gelas selama 10 menit. Lalu saringlah, meminumnya ditambah dengan gula jawa atau madu, setiap hari 2 kali atau 3 kali. Dan tiap kali pengobatan dibuat lagi rebusan baru.

Selain itu ada tagi resep yang agak berbeda:

- Ambillah kuiit kamboja 2 jari tangan.
- 20 helai daun kumis kucing.

Kulit kambojanya ditumbuk halus latu direbus bersama-sama dengan 2 gelas air minum, selama 15 menit.

Sesudah disaring lalu diminum dengan gula batu, 2 kali sehari satu gelas. Dan tiap kali akan mengobati supaya membuat rebusan yang baru.

Dengan menggunakan cara seperti itu, maka penyakit yang berbahaya seperti tersebut akan sembuh. Penyakit gonorhoe dapat menyebabkan kemandulan bagi perempuan juga lelaki. Jika menjangkiti wanita yang kebetulan hamil penyakit tersebut tidak dapat menyerang bayi yang berada dalam kandungan. Tetapi saat bayi itu lahir harus melalui jalan yang penuh dengan penyakit/kuman-kuman yang berbahaya terutama bagi mata bayi.