Payudara Sering Nyeri

Saya (24 tahun) sudah dua kali menjalani pemeriksaan USG payudara (selang enam bulan). Hasilnya tidak ditemukan benjolan atau kista. Namun, sampai saat ini saya belum merasa yakin dengan hal tersebut, karena saya masih sering merasakan sakit yang berdenyut-denyut pada payudara, terutam sebelah kiri. Biasanya hal ini saya alami menjelang atau sesudah menstruasi. Kadang-kadang sebulan penuh. Apakah ada penyebab lain rasa sakit itu? Apakah pemeriksaan USG itu akurat? Perlukah saya menjalani pemeriksaan ditempat lain?

Iya, Jakarta Jawab:

Tampaknya anda menderita mammary dysplasia, yaitu suatu kelainan yang disebabkan oleh perubahan kelenjar-kelenjar di payudara akibat ketidak seimbangan hormonal. Oleh sebab itu, kelainan ini menimbulkan rasa nyeri, terutama menjelang menstrusai. Ukuran massa atau benjolan dapat berubah. Menjelang menstruasi biasanya terasa lebih besar, penuh dan lebih sakit. Sementara setelah menstruasi rasa sakit menghilang atau berkurang dan benjolanpun mengecil. Dapat juga tidak dijumpai adanya benjolan yang nyata. Hal ini biasanya ditandai oleh jaringan payudara yang tersa padat dan permukaan yang tidak rata.

Benjolan pada payudara yang dikhawatirkan adalah kanker. Kadang-kadang sulit dibedakan dari mammary dysplasia. Untuk membedakannya, memang diperlukan pemeriksaan penunjang. Untuk wanita seusia Anda, pemeriksaan USG payudara sudah tepat dan akurat. Untuk usia lebih dari 30 tahun atau yang sudah mempunyai anak, prosedur yang lebih akurat adalah mamografi, karena pada usia itu payudara mengandung lebih banyak jaringan lemak dan lebih sedikit jaringan fibroglanduler (kelenjar).

Pada kelainan yang dibebut mammary dysplasia memang akan didapatkan pemeriksaan USG payudara yang normal. Biasanya penyakit ini tidak dapat ditangani oleh obat penghilang nyeri. Da baiknya Anda berkonsultasi ke spesialis bedah.