Haid Sel Telur Pecah Tidak di Buahi

Dalam masa pubertas, tercatat beberapa perubahan dan kejadian penting dialami remaja. Semua berkaitan dengan dimulainya proses produksi hormon seks. Para remaja laki-laki hormon seks yang diproduksi disebut testosteron. Sedang hormon seks pada remaja putri disebut estrogen dan progesteron.

Dengan bekerjanya hormon-hormon seks akan terjadi beberapa proses alamiah dan normal dialami remaja. Misal menstruasi pada remaja putri, lalu mimpi basah pada laki-laki. Masa pubertas pada perempuan ditandai dengan kehadiran siklus haid sebulan sekali. Hormon estrogen lah yang menyebabkan sel terlut dalam indung telur matang. Setiap bulan sekali sel telur dilepaskan. Dan pelepasan tersebut disebut ovulasi.

Sel yang dilepas ini kemudian masuk dalam indung telur untuk selanjutnya melakukan perjalanan menuju rahim. Apabila dalam perjalanan sel telur itu tidak dibuahi oleh sperma laki-laki, maka sel telur akan sampai di rahin tanpa dibuahi.

Bersama lapisan dinding rahim, sel telur yang tidak dibuahi akan pecah dan keluar bersama darah. Inilah yang disebut haid atau menstruasi. Masa haid biasanya berlangsung 5-7 hari.