Ada Pil KB Membuat Drop Libido

Kondom adalah alat kontrasepsi yang mudah dicari dan dibeli. Dianggap alat KB paling aman dan nyaman. Tapi ada kesalahan yang sering terjadi dalam pemakaian alat kontrasepsi ini. Yakni tidak memeriksa tanggal kadaluwarsa.

Padahal bila melewati tanggal itu, kondom rentan robek. Oh ya, kondom robek juga sama jeleknya dengan kondom yang tidak memiliki ruang kosong di bagian ujung. Nah, karena itu hati-hatilah. Berjaga-jagalah selalu dengan alat kontrasepsi cadangan.

Alat lain yang mengundang masalah adalah kontrasepsi oral ( pil ). Dari sebuah jurnal disampaikan bahwa delapan persen wanita memilih tidak lagi menggunakan kontrasepsi oral dan pindah ke merk lain karena menyebabkan libido menurun.

Namun sejumlah dokter meragukan terjadinya hal itu. Dugaan sementara, alat kontrasepsi oral tersebut menurunkan kadar testosteron, yakni hormon yang menimbulkan hasrat berhubungan intim.

Pindah ke alat pengendali kehamilan hormonal yang lain memang dapat membantu. Namun untuk lebih jelas lagi sebaiknya berkonsultasi dengan ginekolog.