Apakah Hormon Seksual Itu?

Hormon seksual adalah hormon yang mempengaruhi perilaku seksual manusia. Hormon seksual laki-laki adalah androgen yang dihasilkan kelenjar prostat. Sedangkan hormon seksual perempuan adalah estrogen dan progesteron yang dihasilkan kelenjar di ovarium. Baik laki-laki maupun perempuan menghasilkan androgen, estrogen maupun progesteron. Hanya konsentrasinya saja yang berbeda.

Androgen bertanggung jawab terhadap perkembangan seksualitas pada laki-laki. Hormon inilah yang membuat seorang anak laki-laki berubah menjadi remaja melalui adanya masa puber. Salah satu jenis androgen adalah testosteron. Hormon yang satu ini diketahui berperan dalam meningkatkan dorongan seksual pada laki-laki. Jumlah yang berlebih bisa menimbulkan perilaku agresif.

Estrogen dan progesteron bertanggung jawab terhadap seksualitas perempuan. Keduanya mengatur pubertas pada anak perempuan. Siklus menstruasi dimulai karena tingginya konsentrasi hormon estrogen. Ketika produksi hormon estrogen menurun, maka menstruasi akan berhenti dan menjadikan seorang perempuan mengalami menopause.