Anda Pengantin Baru? Hati-hati Infeksi Saluran Kemih

PERINGATAN ini didengungkan setelah beberapa dokter kandungan dan dokter ginjal menemukan kasus infeksi saluran kemih ringan pada cukup banyak wanita yang baru saja menikah. Setelah diteliti ternyata hal ini dipicu oleh hubungan intim yang terlalu sering dan kasar, yang banyak terjadi pada pasangan pengantin baru.

Gejala awalnya yakni rasa nyeri ketika mau buang air kecil, warna urin yang keruh, dan perut bagian bawah yang seperti tertekan. Penyebabnya tidak lain adalah kuman dan bakteri escherichia coli yang memang mudah melekat dan mengumpul di selaput bagian luar vagina. Pada saat Anda berhubungan intim, bakteri ini menanti saat yang tepat untuk bisa menelusup ke dalam saluran kemih Anda. Jika hubungan itu terlalu sering dilakukan maka peluang kelalaian Anda membersihkan vagina semakin besar, dan ini adalah waktu yang ditunggu oleh bakteri ini. Apalagi jika hubungan intim itu dilakukan dengan cara yang kasar, dorongan yang kuat dan gesekannya membuat bakteri leluasa masuk ke saluran kemih Anda.

Sebenarnya tubuh memiliki sejenis protein yang berfungsi sebagai antibodi bakteri ini, namun jika kondisi tubuh tidak sedang tidak fit maka bakteri ini bebas berdatangan dan berkumpul di selaput luar vagina. Salah satu cara menghalangi pertumbuhan bakteri ini adalah mencuci vagina Anda dengan air bersih, bisa juga dengan sabun namun usahakan sabun bayi dan bukan obat atau sabun yang mengandung obat. Atau cara lain, cuci dengan air bersih kemudian cuci ulang dengan air rebusan daun sirih. Jadi hati-hati dan sebaiknya tetap ingat kesehatan dan kebersihan.(sw)