Ejakulasi Dini atau Bukan ?

“Saya pria, sudah menikah dan punya dua anak. Saya sangat senang membaca artikel dan jawaban tentang masalah seksual di dalam keluarga melalui media ini dan juga Kompas online. Saya tergolong pria yang mengalami ejakulasi dini. Apabila berhubungan dengan istri, saya selalu lebih dulu mencapai puncak, sedangkan istri belum. Namun, ada cara yang saya buat hingga istri bisa menikmati puncaknya, dan kami selalu merasa senang bersama.

Yang menjadi kekesalan saya adalah kenapa saya terlalu cepat puncak, apakah karena terlalu bernafsu atau pengaruh psikologis? Saya bisa mencapai puncak hanya dalam 3 menit tetapi kalau lagi senang sepulang dari kantor, bisa 10-15 menit. Pokoknya bisa diatur. Pentanyaan saya, apakah ada cara untuk mengatasi ejakulasi dini? Apakah pengobatan alternatif (dukun kampung) bisa mengobati hal ini? Iklan di koran banyak memuat tentang pengobatan penyakit ini sehingga saya berpikir untuk ke sana, tetapi masih takut.”(H., Manokwari)

Jawaban:

Obat dan Latihan

Sudah sering saya jelaskan di rubrik ini mengenal ejakulasi dini. Meski demikian, saya mengerti kalau masih saja ada pembaca yang mengajukan pertanyaan mengenai masalah itu. Justru kenyataan ini menguatkan data klinis mengenai banyaknya pria yang mengalami ejakulasi dini atau merasa khawatir dirinya mengalami ejakulasi dini.Sayangnya, uraian Anda agak membingungkan. Di bagian awal Anda menyatakan selalu mengalami ejakulasi lebih dulu dari pada istri. Namun, di bagian lain Anda menyatakan dapat mengatur terjadinya ejakulasi. Bahkan, Anda dapat mengatur sampai berlangsung 10-15 menit.Kalau benar Anda dapat mengontrol terjadinya ejakulasi, sebenarnya Anda tidak mengalami ejakulasi dini. Apalagi kalau kehidupan seksual Anda dan istri tidak terganggu, seperti pengakuan Anda, “Kami selalu merasa senang bersama.”

Latihan Mengontrol

Pengertian ejakulasi dini ialah ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sampai pasangan mencapai orgasme, dengan syarat tidak ada disfungsi seksual di pihak wanita. Kalau ternyata Anda dapat mengontrol, apalagi istri dapat mencapai orgasme, saya pikir Anda tidak mengalami ejakulasi dini.Sebagai informasi, ejakulasi dini dapat diatasi baik dengan obat maupun latihan mengontrol ejakulasi. Mengenai cara alternatif seperti yang diiklankan di koran, saya tidak tahu cara apa. Yang pasti, cara pengobatan yang diakui secara internasional adalah cara yang saya sebutkan di atas.Sebagai bangsa yang ingin maju, saya pikir semua warga bangsa harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membangun semua aspek kehidupan. Kalau tidak, kita akan tertinggal dan tetap menjadi bangsa yang bodoh.