Hubungan Intim, Darah Keluar Saat Kencing

Saya wanita 25 tahun dan baru saja menikah. Kali pertama berhubungan intim, saya merasakan sakit pada vagina. Saat kencing, juga keluar darah.Awalnya saya tak risau. Apalagi rasa sakit itu hilang tiga hari kemudian. Masalahnya, darah masih kerap keluar saat kencing. Saya sudah periksa ke dokter dan diberi obat penghilang rasa sakit. Yang ingin saya tanyakan, mengapa darah tetap keluar saat kencing ? Normalkah ini ? Apakah saya kena infeksi ?Eka, Kediri

Jawab:

Kerisauan tentang perdarahan pasca malam pertama sering menghinggapi pasangan pengantin baru. Apalagi jika perdarahan berlanjut hingga beberapa hari. Nyeri dan perdarahan yang dirasakan ibu Eka sangat mungkin disebabkan robekan hymen (selaput dara). Sekecil apapun robekan tersebut adalah lula, yang memungkinkan masuknya kuman. Apalagi miss V (vagina) banyak sekali dihuni kuman sehingga risiko terkena infeksi cukup besar.

Masalahnya, pada setiap individu, ada yang menderita seperti itu dan ada yang tidak. Hal tersebut sangat mungkin dipengaruhi perbedaan daya tahan tubuh masing-masing individu.

Berdasarkan keterangan Ibu Eka, pada perlukaan miss V, khususnys hymen, sangat mungkin terjadi infeksi sehingga mengalami perdarahan dan rasa nyeri dalam beberapa hari. Walaupun tidak normal, hal itu masih dalam batas wajar dan sering dikeluhkan wanita yang baru menjalani malam pertama.

Pengobatannya cukup simpel. Yaitu dengan pemberian antibiotik dan pengilang rasa nyeri. Selama dugaan infeksinya masih aktif, sebaiknya hubungan suami istri dihentikan terlebih dahulu hingga dinyatakan benar-benar sembuh. Semoga dengan pemahaman tersebut, Ibu Eka tidak khawatir dan tidak takut melakukan hubungan suami istri pada hari-hari selanjutnya.