Buang Gas dari Vagina

Saya gadis 16 tahun, Begini Dok, dahulu, sewaktu 15 tahun, saya pernah memasukkan jari ke vagina sebanyak 3 kali. Sejak saat itu organ intim saya sering mengeluarkan udara seperti kentut (maaf). Kenapa ya, Dok? Adakah cara supaya organ intim saya tidak buag gas lagi? Saya pernah membaca, organ intim wanita juga bisa mengalami disfungsi. Apakah kentut (maaf) yang saya alami termasuk salah sat gangguan tersebut?

Maya, Surabaya

Memang benar, vagina bisa mengeluarkan gas seperti kentut (flatus atau fart) dari saluran pembuangan kotoran kita. Istilah dalam bahasa Inggris disebut dengan vaginal flatulence dan yang lebih populer vaginal fart. Sedangkan dalam istilah bahasa Latin disebut flatus vaginalis. Hanya, pengeluaran gas dari vagina itu sering terjadi saat atau setelah berhubugan seks. Kondisi tersebut jarang sekali terjadi pada aktivitas di luar seks, seperti merentangkan paha atau sedang melakukan pekerjaan lainnya.

Doggy style adalah posisi hubungan seks yang sering menimbulkan flatus vaginalis. Walaupun memiliki suara yang bisa menyerupai flatus dari anus, namun flatus vaginalis bukan gas buangan. Sehingga ia tidak memiliki bau seperti flatus yang keluar dari anus.. Jika flatus vaginalis disertaui bau busuk, itu merupakan keadaan yang sangat serius. Seperti, recto vaginal fistula, adanya hubungan antara anus dan vagina.. Sehingga selain gas yang keluar lewat vagina, ada kotoran. Keadaan tersebut bisa disebabkan komplikasi dari operasi serta proses persalinan yang sulit dan lama.

Keadaan itu merangsang munculnya infeksi saluran kencing atau komplikasi lainnya.

Tentang Jeng Maya yang sering mengeluarka gas lewat vagina, mungkin itu merupakan keadaan yang jarang. Namun, tidak perlu terlalu risau. Kondisi tersebut tidak terkait dengan kejadian setahun lalu, di mana Jeng Maya pernah memasukkan jari ke vagina sebayak tiga kali. Juga, hal itu bukan akibat disfungsi vagina. Mungkin hanya disebabkan aktivitas-aktivitas Jeng Maya, seperti merentangkan paha.

Teknik seperti senam kegel bisa disarankan untuk mengatasi flatus vaginalis tersebut. Bagi yang sudah menikah, itu bisa dicegah dengan menghindari posisi doggy style. Bisa juga, menggunakan artificial lubrication (pelumas). Tujuannya, mengurangi gas yang terperangkap akibat gerakan-gerakan seks intercourse-nya.

Begitu ya Jeng Maya, semoga bermanfaat.